Selasa, 01 Mei 2018

Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor LDR (Light Dependence Resistor)


Pembuatan rangkain lampu otomatis ini digunakan beberapa komponen elektronika diantaranya:
      1.      Sensor Light Dependence Resistor (LDR)
      2.   Resistor 2K2 Ohm (R1)
      3.   Resistor 1 K Ohm (R2)
      4.   Resistor 680 Ohm R2)
      5.   Potensiometer 10 K  Ohm (P1)

6.     Transistor BC 108 (T1)
       7.      Transistor 2N3053 (T2)
       8.    Baterai 9 volt  (B)
       9.    Lampu DC atau LED (L1)
       10.  Kabel
       11.  PCB (Print Circuit Board)
       12.  Solder dan timah

   Rangkain di atas akan bekerja ketika rangkaian terhubung dengan sumber tegangan baterai (tegangan 9 volt) pada kondisi gelap. Hal ini dapat terjadi ketika LDR tidak dikenai cahaya. LDR berfungsi sebagai penghambat, ketika cahaya mengenai LDR hambatan pada LDR meningkat dan ketika tidak terkena cahaya atau kondisi gelap maka resistansinya akan berkurang. Sehingga arus akan mengalir ke T1 melalui R1. Saat kondisi jenuh kaki emitor mengalirkan arus ke basis T2 dan mengaktifkan kaki emitor dan colektor. Kondisi ini, emitor dan kolektor terhubung dengan sumber tengangan dan LED dalam kondisi panjar maju. Sehingga LED akan menyala. Transistor T2 dapat disimpulkan sebagai sakelar saat emitor dan kolektor terhubung. Terhubungnya T2 akibat arus masuk ke basis oleh LDR dengan resistansi menurun.

     Video Rangkaian Lampu Otomatis Menggunakan Sensor LDR (Light Dependence Resistor) dapat ditonton dan diunduh (disini) untuk melihat prosedur dan hasil dari proyek rangkaian ini.

Pendekteksi Kebocoran Gas (Simulasi Proteus dan Arduino) Gas Sensor MQ-2

Gambar di atas merupakan sketsa simulasi rancang bangun PENDETEKSI KEBOCORAN GAS. Simulasi ini menggunakan perangkat lunak Proteus ...